Kamis, 24 Februari 2011

Materi kelas 9 : Melalui Jaringan WIFI

Kini jaringan tanpa kabel merupakan sebuah alternatif yang paling banyak diminati, kini banyak instansi-instansi yang menggunakan Wireless-LAN sebagai sistem dasar untuk membangun network yang mereka miliki. Wireless-LAN atu jaringan tanpa kabel sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan jaringan menggunakan kabel. Konsep yang paling dasar dari struktur jaringan ini adalah sama-sama menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam sebuah jaringan yang sejajar / bertingkat.

Wifi Router adalah perangkat dasar yang harus ada jika kita akan membangun sebuah jaringan berbasis Wierless. Sebuah Wireless Router yang fungsi sebagai Spot atau titik koneksi yang secara mudahnya disebut dengan Terminal.

Seperti yang telah saya sampaikan bahwa konsep dasar jaringan wifi ini tidak jauh beda dengan konsep jaringan dengan menggunakan kabel. Namun dalam jaringan Wifi mengubah perangkat koneksinya dari Kabel menjadi Gelombang (Wireless).

Secara struktur jaringan Wifi menguhubungkan 2 komputer atau lebih dengan media Wireless, dan ini tidak jauh berbeda dengan jaringan kabel yang mengubungkan 2 komputer atau lebih dengan media kabel.



Keuntungan dari jaringan Wifi

1. Menghemat biaya pemasangan kabel
2. fleksibel dan kompatible untuk perangkat-perangkat mobile
3. Mampu menampung banyak Client, dimana 1 router mampu menampung 200 client
4. mudah terkoneksi dengan network
5. operasional dan pengaturan yang lebih mudah
6. Dukungan penuh dari sistem operasi yang telah ada

Kekurangan Jaringan Wifi

1. kecepatan tergantung dari posisi pengguna
2. kecepatan tergantung pada kualitas Perangkat Wifi dan jumlah pengguna yang sedang On-Line
3. tingkat terjadinya kegagalan koneksi lebih besar
4. karena sifatnya umum maka rawan terhadap serangan HACKER BLACK HAT
5. kekuatan sinyal terbatas

Dengan kondisi yang ada sebenarnya network dengan dukungan Wifi akan sangat tepat digunakan untuk tempat-tempat publik yang memiliki aktifitas publik yang mobile sehingga akan sangat fleksibel dan tepat guna. Pastikan system yang anda buat adalah yang sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar